Rabu, 05 April 2017

PUASA SUNAH HARI KAMIS BERSAMA ANAK-ANAK YATIM YAMIRA 31 MARET 2017



Assalamu'alaikum. Salam hangat, penuh semangat untuk kawan semua. Pertemuan kali ini saya akan berbagi bacaan/lafadz niat puasa senin kamis, yaitu salah satu puasa sunnah yang dilakukan setiap hari senin dan hari kamis, karenanya banyak orang yang mengatakan puasa sunah ini adalah puasa senin kamis.



Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
 Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
 Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Tahukah Anda, kenapa Baginda Nabi Muhhamad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunah senin kamis? Ternyata, hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat. 



Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :
Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:

Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Dalam hadist diatas , maksud dari "Puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini


0 comments:

Posting Komentar